Rabu, 20 Februari 2013

Spesifikasi Chasis MB OH 1525 dan 1526

Setiap keluar varian bis baru, selalu muncul pertanyaan dari dulur-dulur BMC bagaimana cara membedakan varian tersebut dengan varian yang lainnya terutama jika sudah diberi body. Rada susah memang, karena sekarang ini demi berbagai alasan teknis dan efisiensi para produsen bis rata-rata membuat beberapa varian bis diatas platform chassis yang sama. Bahkan termasuk dashboard dan steering wheel yang digunakan. Padahal dulunya dashboard dan steeering wheel inilah yang kita gunakan untuk pembeda suatu varian chassis.

Lihat saja antara Hino RK8 R235 vs R260 yang sama persis kecuali nomor seri mesin yang tercetak di blok mesin. Lalu SCANIA K310IB vs K380IB yang hanya beda pada jumlah silinder mesin. Chassis, dashboard dan steering wheelnya sama persis.

Apalagi di Mercedes-Benz. Saat ini ada 4 varian chassis yang dashboardnya sama persis walaupun panjang chassisnya berbeda yaitu : OH-1518 E3, OH-1521 E3, OH-1526 dan OH-1626.

Di tulisan sebelumnya sudah saya sampaikan, kalau selama ini para penggemar bis sudah cukup kesulitan membedakan OH-1525 dengan OH-1526 jika hanya melihat dari luar dengan kondisi sudah diberi body, maka untuk membedakan OH-1626 dengan OH-1526 akan lebih sulit lagi. Spesifikasi mesin sama, dashboard dan lingkar kemudinya sama persis, as roda belakang juga sama. Di bagian radiator compartment juga terlihat sama .... ada radiator, intercooler, transmission oil cooler dan water separator yang penempatannya sama persis dengan OH-1526. Memang ketika masih berupa chassis, overhang belakang OH-1626 panjangnya 3360mm atau 10mm lebih panjang dibanding overhang chassis OH-1526 yang hanya 3350mm. Tapi ketika sudah diberi body siapa yg bisa membedakan selisih yang hanya 1 cm tanpa memakai alat ukur ?

Tapi tenang saja... Masih tetap ada bagian yang bisa dipakai untuk membedakan walaupun tidak mudah dan perlu ketelitian untuk melihatnya. Silahkan simak dengan teliti foto-foto berikut.

Bagian-bagian yang berbeda itu adalah ....


1. GARDAN 
 Gardan OH-1626 bulat halus. Sedangkan gardan OH-1526 terdapat kisi-kisi pendingin sama dengan gardan OH-1525.


Gardan OH-1626
Gardan OH-1626 : bulat halus


Gardan OH-1526
Gardan OH-1526 : ada kisi-kisi pendingin

2. ALTERNATOR
Alternator adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Alternator berfungsi untuk mengisi battery (Aki) dan mensupply kebutuhan listrik untuk peralatan-peralatan lainnya. Salah satu perbedaan OH-1626 dan OH-1526 adalah jumlah alternatornya. OH-1626 memiliki 2 alternator, sedangkan OH-1526 hanya punya 1 alternator (lingkaran kuning). Untuk melihat alternator ini harus ketika chassis masih belum diberi body, atau dengan membuka tutup mesin jika sudah diberi body.
  

Mesin OH-1626 punya 2 alternator
OH-1626 memiliki 2 alternator


Mesin OH-1526 hanya punya 1 alternator
OH-1526 hanya memiliki 1 alternator


3. STABILIZER & SUSPENSI
Stabilizer OH-1526 terbuat dari baja batangan utuh yang dibending. Suspensinya memakai trapezoid leafspring yang lengkungnya negatif. Stabilizer OH-1626 pada bagian arm-nya terbuat dari besi pelat yang disambung dg tubular steel. Suspensinya memakai Air Suspension yang langsung menyangga chassis utama (seperti Volvo B7R), Tidak seperti SCANIA K-Series atau Air Suspension rakitan Adi Putro yang menyangga cross member. Air Suspension OH-1526 memakai 2 stabilizer (kiri & kanan). Untuk Air Suspension yang menyangga crossmember (SCANIA K Series, Airsus rakitan AP, OH-1830) stabilizernya ada 4.


Suspensi & stabilizer belakang OH-1526
Stabilizer & suspensi belakang OH-1526


Suspensi & stabilizer belakang OH-1626
Stabilizer & suspensi belakang OH-1626


4. BRAKE CHAMBERS BELAKANG
Sama dengan bis-bis Mercedes-Benz yang lain, rem OH-1626 sudah memakai sistem full air dual circuit. Brake chambers belakang dengan sistem full air memiliki bentuk yang besar karena memiliki 2 ruangan yaitu untuk "service brake" dan ruangan yang berisi pegas bertekanan untuk "emergency brake/parking brake". Brake chambers OH-1526 terdapat saluran pipa udara dibagian depannya, sedangkan pada OH-1626 tidak. Brake Chambers OH-1626 posisinya lebih rendah dibanding brake chambers OH-1526. Simak an perhatikan foto-fotonya ....


Brake chambers belakang OH-1526
Brake chambers belakang OH-1526: ada saluran pipa udara dari depan

Brake chambers belakang OH-1626
Brake chambers belakang OH-1626


Brake chambers belakang OH-1526
Brake chambers belakang OH-1526: lebih tinggi

Brake chambers belakang OH-1626: posisi lebih pendek
Brake chambers belakang OH-1626: posisinya lebih rendah

5. AS RODA DEPAN
Dan akhirnya ... inilah satu-satunya perbedaan OH-1526 dengan OH-1626 yang paling mudah terlihat dari luar, tanpa perlu membuka kap mesin dan tanpa harus "ngolong" dibawah body. Butuh sedikit ketelitian memang ... tapi cukup jelas perbedaannya. Coba bandingkan kedua foto dibawah dengan teliti ....


As roda depan OH-1526
As roda depan OH-1526

As roda depan OH-1626
   As roda depan OH-1626
Demikian dulur ulasan singkat tentang perbedaan chassis OH-1526 dengan OH-1626. Selamat hunting OH-1626 !!

2 komentar:

  1. Mantaaaaaaap....Ulasan yang lengkap dan dibutuhkan banyak pemerhati bus

    BalasHapus
  2. Yang paling sulit ketika membedakan New 1526 dan 1626 ketika memakai wheeldop..secara exterior dan interior sangat sangat sama. Cara paling mudah membedakannya sperti apa? Tanpa harus "ngolong" dan membuka Mesin. Mohon penjelasannya lur.

    BalasHapus

Link Amikom

E-learning Amikom Research Amikom Wisuda Amikom PMB Amikom Kabar IT